Monday, April 20, 2015

Makanan yang dapat pertajam pendengaran

Dengan usia manusia yang semakin bertambah, maka sedikit demi sedikit manusia akan mengalami pengurangan pendengaran. Ini bukan berarti tuli. Namun kondisi ini dikenal dengan sebutan presbikusis atau gangguan pendengaran yang berkaitan dengan umur. Namun jangan khawatir, karena pendengaran manusia bisa dipertajam dengan makan-makanan bernutrisi seperti ini.
ilustrasi mempertajam pendengaran / getholistichealth.com
Makanan bernutrisi untuk membuat pendengaran semakin tajam :
  1. Jeruk

    Jeruk merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, E dan sekaligus sebagai sumber kalium. Vitamin C dan E berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan ekstrem. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk merevitalisasi pembuluh darah dan saraf, sementara vitamin C sendiri juga akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang membantu mencegah infeksi telinga.
  2. Pisang

    Pisang adalah salah satu sumber magnesium bagi tubuh, yang mampu mencegah gangguan pendengaran. Menurut para ilmuwan, magnesium akan melindungi sel-sel rambut halus di telinga bagian dalam, serta melawan efek radikal bebas dari pancaran suara keras.
  3. Dark Chocolate

    Dark Chocolate adalah sumber makanan yang banyak mengandung zat seng, dimana zat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan membantu memeragi infeksi pada telinga.
  4. Brokoli

    Brokoli termasuk antioksidan yang berbentuk asam folat. Dimana senyawa ini bisa mengurangi resiko gangguan pendengaran hingga 20%. Selain dari brokoli, antioksidan sejenis juga ditemukan pada bayam, asparagus, kacang-kacangan, dan telur.
  5. Ikan

    Terutama ikan salmon dan tuna, dapat melindungi jantung dan sebagai pencegah menurunnya pendengaran. Karena kedua ikan ini mengandung lemak omega-3 dan vitamin D, yang salah satunya memang berfungsi untuk itu

No comments:

Post a Comment

Pola perawatan ciblek sawah agar rajin berbunyi

Pola perawatan ciblek sawah agar rajin berbunyi Burung ciblek sawah disebut dengan julukan (ciwah) burung tersebut merupakan burung yang mem...